RSS

BAB III Tinjauan Lapangan – ZARA

10 Jun

3. ZARA

3.1  BRAND HISTORY

Zara sebuah perusahaan retail fashion yang belakangan ini paling berkembang dan dikenal masyarakat di dunia. Pada awalnya perusahaan ini digagasi oleh grup inditex yang dimiliki oleh bisnis Spanyol Tycoon Amancio Ortega.

Kelompok ini brerlokasi di A Coruna, Galicia, Spanyol, dimana toko Zara yang pertama dibuka pada tahun 1975.

Dimulai dengan toko pertamanya, sekarang Zara memiliki sebanyak 1520 outlet dan kemudian tersebar ke seluruh dunia. Yang terpenting untuk dicatat bahwa 75% dari total pendapatan adalah bagian dari penjualan didapat dari penjualan internasional.

Visi Misi

Melalui model bisnis, Zara ingin membantu perkembangan berkelanjutan masyarakat dan lingkungan dengan yang berinteraksi. Komitmen terhadap lingkungan merupakan bagian dari kebijakan kelompok Inditex tanggung jawab sosial perusahaan.

Beberapa tujuan dan tindakan yang dilakukan dalam rangka komitmen lingkungan mereka, langsung terkait dengan toko dan pelanggan sebagai berikut :

1. Mengurangi produksi limbah dan mendorong daur ulang

Daur ulang gantungan dan tag keamanan yang dikumpulkan di toko-toko dan diproses untuk diubah menjadi barang plastik lainnya, adalah salah satu contoh pengelolaan limbah. Jutaan gantungan dan tag keamanan diproses setiap tahun. Sebagai tambahan, baik kardus dan plastik yang digunakan adalah hasil daur ulang.

2.Meningkatkan kesadaran di antara anggota tim

Komunikasi kampanye dan rencana pelatihan khusus multimedia untuk meningkatkan kesadaran karyawan akan perlunya praktek-praktek berkelanjutan seperti pemangkasan konsumsi energi, dengan menggunakan transportasi berkelanjutan atau memodifikasi kebiasaan perilaku.

3. Penggunaan kertas atau kantong plastik biodegradable

Penggunaan kertas atau kantong plastik biodegradable 90% dari tas Zara memberikan kepada pelanggan adalah terbuat dari kertas. Namun kantong plastikdigunakan dalam minoritas kasus, pada waktu-waktu tertentu seperti kampanye penjualan. Semua tas plastik yang mereka gunakan adalah biodegradable yangmereka terurai melalui proses biologis alami yang mencegah pencemaran lingkunganakibat plastik tradisional. Plastik ini dapat diidentifikasi dengan logo d2w.

3.Hasilkan didaur ulang informasi.

Komitmen untuk menggunakan kertas dan bahan-bahan daur ulang PEFC diperpanjang untuk bahan yang digunakan untuk informasi pelanggan. Katalog fashion mereka dicetak di atas kertas dengan FSC / PEFP MARK (menjamin sertifikat pengelolaan hutan lestari)

4. Menggunakan kain ekologi, seperti katun organik. 

Zara Mendukung pertanian ekologis dan menggunakan katun organik dalam produksi item yang dipilih dari pakaian (100 katun%, benar-benar bebas pestisida, agen kimia dan pemutih). Dengan label khas produk ini dapat diidentifikasi dengan sangat mudah di toko.

5.Memproduksi PVC-free sepatu 

Penggunaan turunan minyak bumi Tidak atau bahan non-biodegradable dalam memproduksi alas kaki.

6.Kebijakan transportasi

Transportasi truk pengangkut pakaian membawa lebih dari 200 juta potong pakaian per tahun dan menggunakan bahan bakar biodiesel 5%. Langkah ini memungkinkan kita untuk mengurangi emisi CO2 ke atmosfer lebih dari 500 ton.
7.Perlindungan hewan

Semua produk hewani, termasuk bulu kulit dijual di Zara eksklusif berasal dari hewan dipelihara dalam bentuk ternak dan tidak pernah dari hewan kurban.

3.2     PRODUK

Produk yang dijual sangat beragam, diklasifikasikan dalam beberapa kategori, sebagai berikut :

1.   Zara Woman

Menjual produk-produk trench coat, parkas, rok, kaos, kemeja, belt, baju renang, kemeja,tas lengan, scarves, jaket

2.   Zara trf

Menjual produk-produk  parkas, blazer,dress, rok,jeans, kaos, kemeja, sepatu, tas lengan, dan aksesoris

3.   Zara  Man

Menjual produk-produk  jaket, dasi, kemeja, kaos, celana panjang , jeans, topi, sepatu, tas, Bermudas, kaos lengan panjang

4.   Zara  kids

Menjal produk-produk untuk anak  usia 0-14 tahun meliputi kaos, jaket, sepatu, parkas.

Target Konsumen

Target konsumen dari Zara sendiri dibagi berdasarkan produk yang dijual , zara Man dan Woman menargetkan pasarnya pada usia produktif dengan kisaran usia 25- 40 tahun. Sedangkan zara TRF memiliki pasar dengan range usia 18-30 tahun. Zara kids memiliki pasar dengan usia pengguna 0-14 tahun.

 

3.3 LOGO

Logo zara  memiliki jenis font times new roman, tiap huruf berdiri sendiri dan ditulis dalam huruf besar.

Warna logonya sendiri adalah hitam putih. Tidak terdapat gambar di dalam logonya.

Pesan yang diinginkan dalam warna hitam logo ini adalah bahwa ZARA merupakan tren fashion sepanjang masa yang elegan, dan menjangkau kalangan menengah keatas. Huruf kapital yang ditampilkan melambangkan kebesaran perusahaan ZARA yang kokoh dak tegas.

3.4  DATA LAPANGAN

Material-material yang digunakan dalam interior toko zara merupakan material yang diproduksi secara missal, penggunaan warna hitam putih dan abu-abu dominan dalam interiornya.

Penyampaian pesan secara frontal dari logo terhadap interior ditemukan dalam penggunaan warna yang dapat kita lihat secara dominan. Material- material dapat didaur ulang merupakan point yang penting yang merupakan salah satu misi dari zara itu sendiri juga dapat kita temukan langsung disini.

Penggunaan track lamp sepanjang toko dipakai dalam mendisplay barang . Sedangkan downlight sebagai pencahayaan general sendiri tidak terlalu banyak digunakan. Penggunaan warna hitam dan putih tetap dominan pada tiap sisinya.

 

Toko satu dengan lainnya memiliki kedekatan warna dan material, meskipun tidak sama mutlak. Sebagai contoh beberapa pelapis lantai memiliki jenis material yang berbeda antar satu toko dengan toko lainnya.

 
4 Comments

Posted by on June 10, 2011 in SEMINAR FSRD UNTAR

 

4 responses to “BAB III Tinjauan Lapangan – ZARA

  1. Nelky Thirteenz

    April 9, 2012 at 12:38 pm

    kalau boleh tau biaya retail zara sendiri kisaran berapa ya sist?

     
    • vionajessica

      April 9, 2012 at 4:01 pm

      kalau sampai biaya pembangunannya saya kurang tau, gak meneliti sampai kesitu sih🙂

       
      • nisaa

        March 27, 2013 at 3:14 am

        Mbak viona, boleh saya minta contact mba? Saya ada yang mau ditanyakan lebih jelasnya. Harap reply mba

         
      • vionajessica

        March 30, 2013 at 6:54 am

        wah maaf saya udah lama tidak update blog ini, emang apa yang mau ditanyakan ya?🙂

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: