RSS

BAB III – Tinjauan Lapangan Starbucks – Part 1

10 Jun

1.STARBUCKS

1.1.SEJARAH STARBUCKS

Starbucks dimulai pada tahun 1971 ketika tiga akademisi-guru bahasa Inggris Jerry Baldwin, guru sejarah Zev Siegel, dan penulis Gordon Bowker-membuka toko yang disebut Starbucks Coffee, Teh, dan Spice di tombak turis Place Market di Seattle. Baldwin, Siegel, dan Bowker memilih Starbucks nama untuk menghormati Starbuck, karena mereka pikir nama itu membangkitkan bertema laut lepas dan pelayaran yang tradisi para pedagang kopi awal. Logo perusahaan baru, yang dirancang oleh seorang teman seniman, adalah seorang putri duyung dua sisi dikelilingi dengan nama toko.

Awalnya, Siegel telah membayar karyawan saja. Pada bulan-bulan awal, masing-masing pendiri pergi ke Berkeley untuk mempelajari lebih lanjut tentang kopi panggang dari mentor mereka, Alfred Peet. Untuk sebagian besar tahun pertama, Starbucks memesan biji kopi dari Peet’s, tapi kemudian para mitra membeli roaster digunakan dari Belanda dan mendirikan operasi dipanggang di sebuah gedung bobrok di dekatnya.

Pada awal 1980-an, perusahaan Starbucks telah memiliki 4 cabang toko di Seattle dan memberi keuntungan setiap tahun sejak pertama dibuka. Perjalanan kepemilikan perusahaan Starbucks cukup panjang. Namun pada 1980-an, Howard Schultz menjadi investor pertama untuk Starbucks dan terus mengembangkan perusahaan. Starbucks terus menuai sukses bahkan sampai sekarang, dan kini telah memiliki berbagai cabang yang terdapat hampir di seluruh dunia.

1.2.LOGO STARBUCKS

Pada awalnya Starbucks mencari logo dengan konsep tradisi pelaut pedagang kopi. Dengan meneliti buku laut tua, mereka menemukan sebuah simbol dari ukiran kayu: putri duyung berekor dua yang merupakan makhluk mitologi dari lautan. Akhirnya diputuskan bahwa mereka akan memakai gambar makhluk bernama Siren ini, dikelilingi oleh nama perusahaan mereka.

Putri duyung Twin-tailed (atau Siren) muncul di banyak ukiran kayu non-Skandinavia non-Norse dari abad kelima belas-dan keenam belas juga. The Sanitatis Hortus (1491), misalnya, memiliki citra ukiran kayu dari putri duyung berekor dua yang sering termasuk dalam diskusi tentang logo Starbucks:

Tetapi jika itu benar-benar salah satu putri duyung ukiran kayu lain yang terinspirasi logo, Heckler dan Schultz perlu menjelaskan mengapa mereka kemudian memutuskan untuk memberikan mahkotanya seperti Melusine’s.. Hanya Melusine, para leluhur wanita kerajaan raja-raja Plantagenet, biasanya dinobatkan .

Logo Evolusi Starbucks

           Logo A adalah inspirasi awal sebelum dibentuk menjadi logo B tahun 1971 saat Starbucks pertama kali berdiri di Seattle dengan menjual Biji Kopi, teh dan rempah. Singkat cerita, Baldwin menjual Starbucks pada Schultz     Pada tahun 1987 dan Schultz merubah gerai Il Giornale menjadi Starbucks. Jadilah gambar logo D. Logo E adalah gambar logo yang dipakai saat tahun 1992, saat Starbucks pertama kali masuk pasar saham. Dan logo tersebut dipakai sampai tahun 2010. Tahun 2008, ada pembuatan logo yang memodifikasi logo awal Starbucks tahun 1971. Itu adalah Logo F.  Logo tahun 2008 dipakai dengan slogan “Roasting coffee since 1971. The best cup then. The best cup now” untuk memperkenalkan Pike Place Roast blend yang baru.

Namun pada tahun 2011 logo strabuck mengalami redisign pada logo starbuck. Perubahan pada logo tidak signifikan, Starbucks tetap menjaga substansi dari logo awal berupa ikon putri duyung (siren) dan warna hijau. Hanya bagian nama dan tanda bintang pada logo yang dihilangkan, Sehingga, banyak kalangan menilai bahwa Starbucks mengikuti jejak perusahaan-perusahaan lain seperti Shell, Nike, dan Apple yang telah lebih dulu mengambil langkah ini (Logo tanpa nama).

Berikut adalah pendapat Mike Peck, Senior Design Manager Starbucks tentang perubahan logo yang dibuatnya:

Sejak awal, kami ingin mengenali dan menghormati ekuitas penting dari ikon pada logo Starbucks. Jadi kami mendobrak empat bagian utama dari logo – warna, bentuk, jenis huruf dan Siren (ikon putri duyung). Setelah ratusan kali bereksplorasi, kami mendapat jawaban dalam kesederhanaan. Menghilangkan nama dari logo, dan mengubah ikon menjadi hijau, serta mengeluarkan siren dari cincinnya. Selama empat puluh tahun dia mewakili kopi, dan sekarang dia adalah bintang.

Elemen Gambar Siren

 

Dalam mitologi Yunani , Siren digambarkan sebagai penggoda yang memikat pelaut yang dekat dengan mereka menggunakan musik dan suara untuk kapal karam di pantai berbatu pulau mereka.

Siren dalam mitologi Yunani kadang-kadang digambarkan pada cerita rakyat sebagai makhluk yang berkaitan erat dengan air. Meskipun dilihat dari sisi biologi, makhluk mamalia aquatik mencakup dugong dan Manatee.

Warna

Warna yang digunakan adalah warna hijau yang diambil dari warna logo IL GIORNALE. Karena perushaan IL GIORNALE yang sudah berkembang namun dengan keunggulan Starbuck sehingga warna hijau tersebut diaplikasikan sebagai warna dasar logo STARBUCK sampai sekarang.

Tipografi

Jenis tipografi yang digunakan pada starbuck menggunakan jenis tulisan FREIGHT SANS BLACK. Peletakan tipografi berada pada tulisan starbuck pada bagian luar. Namun pada tahun 2011 starbuck tidak menggunakan tipografi lagi melainkan hanya elemen gambar siren pada logo.

3.1.3.PRODUK STARBUCKS

Berikut adalah beberapa contoh produk yang terdapat di Starbucks.

Bagian ini diisi dengan gambar-gambar produk, foto-foto diambil dari http://www.starbucks.com/menu

 

Sumber:

http://www.hecklerassociates.com/
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.mhhe.com/business/management/thompson/11e/case/starbucks.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Starbucks
http://www.starbucks.com/
http://www.gotmedieval.com/2010/08/the-other-starbucks-mermaid-cover-up.html
http://gourmet-coffee-zone.com/starbucks-logo.html
http://www.examiner.com/starbucks-in-national/starbucks-101-what-is-the-story-behind-the-siren-logo
http://en.wikipedia.org/wiki/Siren
http://new.myfonts.com/WhatTheFont/forum/case/727/
http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/02/asal-usul-dan-arti-logo-starbucks.html

 
2 Comments

Posted by on June 10, 2011 in SEMINAR FSRD UNTAR

 

2 responses to “BAB III – Tinjauan Lapangan Starbucks – Part 1

  1. Deny

    January 2, 2013 at 7:32 am

    Sebenarnya siren itu wanita penggoda atau ikan duyung sih? kok gak paham aku ..
    tolong penjelasannya

     
    • vionajessica

      January 2, 2013 at 11:12 am

      Dua-duanya benar, dari beberapa sumber wujud Siren berbeda tergantung darimana asal ceritanya. Intinya berwujud seorang wanita, dan karena dikabarkan sering muncul di lautan, maka Siren diperkirakan memiliki anatomi tubuh ikan sebagai bentuk adaptasinya.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: