RSS

BAB I PENDAHULUAN

03 Apr

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Seiring berkembangnya zaman, dimana kebutuhan manusia semakin bertambah, tidak hanya kebutuhan pokok tetapi juga kebutuhan gaya hidup, tingkat sosial, dan lain-lain. Oleh karena itu, manusia berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang baru dan menarik, supaya masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Jika pada zaman dahulu manusia mengunjungi pasar tradisional untuk membeli barang-barang kebutuhan mereka, kini manusia dapat mengunjungi pusat perbelanjaan modern dimana terdapat toko atau retail yang menjual berbagai barang yang dibutuhkan manusia, baik kebutuhan primer, maupun sekunder dan tersier. Namun, persaingan dalam jenis kegiatan jual-beli ini tentu cukup ketat, sehingga manusia sebagai pemilik toko tentu akan berusaha supaya tokonya laris dan dikenal masyarakat.

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan minat calon pembeli, yaitu harga barang, pelayanan toko, kualitas barang, konsep barang yang dipasarkan, sampai pada suasana yang terdapat pada toko tersebut. Pemberian sebuah nama atau merek pada sebuah toko juga dapat berpengaruh terhadap reaksi masyarakat, yakni seberapa terkenalnya brand tersebut, kualitas yang dihasilkan, atau bahkan konsep interior toko itu sendiri yang mengacu pada nama brand tersebut. Hubungan antara nama brand dan interior toko dapat dilihat dari pemakaian warna, jenis tulisan, logo yang terdapat pada nama brand, dan berbagai aspek lainnya. Oleh karena itu, hendaknya sebuah perancangan interior toko memperhatikan konsep dan tujuan brand tersebut.

 

B. Identifikasi Masalah

Banyaknya ketimpangan antara brand dan disain interiror yang terjadi, menjadkan ketidaksenambungan antara tujuan perusahaan, maupun filosofi suatu perusahaan dengan perancangan interirornya. Hal ini dapat menyebabkan pesan yang ingin disampaikan suatu brand menjadi kabur, bahkan tidak tersampaikan sama sekali akibat adanya kesalahan dalam perancangan, ataupun kesalahan identifikasi brand tertentu.

 

C. Batasan Masalah

Dalam tulisan ini, kami membatasi pada pengaruh brand terhadap interior retail, meliputi keterkaitan filosofi suatu brand, company profil (visi dan misi perusahaan),  dan produk yang ditawarkan terhadap elemen dan prinsip desain interiror.

D. Tujuan Penulisan

Tujuan dari pembahasan pengaruh brand terhadap desain interior diantaranya:

  • Memberikan pengetahuan/ konsep yang benar tentang keterkaitan brand terhadap interior sebuah retail shop
  • Memberikan pemahaman yang jelas tentang keterkaitan sebuah brand terhadap disain interiror
  • Memberikan panduan (guide line) yang benar terhadap perancangan interior yang dipengaruhi oleh sebuah brand

E. Metodologi Penelitian

Metode penelitian untuk mengumpulkan data-data dalam rangka penulisan karya tulis ini dengan cara sebagai berikut :

1. Metode observasi, yaitu proses pengumpulan data melalui kegiatan melihat, memantau dan menganalisa secara langsung sehingga akan lebih jelas objek yang diamati.

2. Metode tertulis wawancara / interview, yaitu cara pengumpulan data melalui obrolan atau tanya jawab serta bertatap muka secara langsung.

3. Metode tertulis, yaitu dengan menggunakan sumber dari berbagai buku sdan internet sebagai panduan karya tulis tersebut.

4. Melalui sumber-sumber tersebut penulis berharap agar dapat memperoleh informasi dan data secara jelas walaupun tidak seakurat mungkin.

F. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang digunakan adalah sebagai berikut:

BAB I: PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Identifikasi Masalah

C. Batasan Masalah

D. Tujuan Penulisan

E. Metodologi Penelitian

F. Sistematika Penulisan

 

BAB II:TINJAUAN LITERATUR

1. LOGO

1.1.   Pengertian Logo

1.2.   Sejarah Logo

1.3.   Aspek Dalam Logo

2. INTERIOR TOKO / RETAIL

2.1.   Pengertian Interior

2.2.   Prinsip-prinsip desain interior

2.3.   Toko / Retail

3. ELEMEN IDENTITAS PERUSAHAAN

 

BAB III: TINJAUAN LAPANGAN

  1. STARBUCKS
  2. THE BODY SHOP
  3. ZARA
 
1 Comment

Posted by on April 3, 2011 in SEMINAR FSRD UNTAR

 

One response to “BAB I PENDAHULUAN

  1. interiortabs

    April 4, 2011 at 2:18 am

    ok. great.
    jika mengambil data/informasi dari sumber online langsung dicantumkan link address untuk memudahkan pengecekan.
    thank u.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: